Sejarah, Visi & Misi

  • SEJARAH
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bolaang Mongondow diatur dengan Peraturan Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Nomor 47 tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow. Melalui Peraturan Daerah dimaksud, diharapkan terjadi penguatan kelembagaan  dalam  bidang informatika sejalan  dengan tujuan pemerintah saat ini yang mengedepankan penggunaan teknologi (electronik) dalam menunjang kinerja. pelayanan birokrasi atau electronic government (e-gov) disamping tugas pokoknya sebagai lembaga yang menangani komunikasi. Hal ini sangat terkait bahwa teknologi informasi dan  komunikasi  menjanjikan  efisiensi,  kecepatan  penyampaian informasi, jangkauan yang global dan tranparansi. Oleh karena itu, dalam era otonomi daerah untuk mewujudkan pemerintahan yang good governance, salah satu upaya yang dilakukan adalah menggunakan teknologi informasi dan komunikasi atau yang populer disebut e- Government. E-Government didefinisikan sebagai suatu mekanisme interaksi baru antara pemerintah dengan masyarakat dan pihak-pihak lain yang berkepentingan, melalui pemanfaatan teknologi informasi dan teknologi komunikasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.  
  • VISI
Terwujudnya Layanan Komunikasi Yang Berdaya Saing guna Mewujudkan Bolaang Mongondow Hebat. Visi tersebut mempunyai makna, sebagai berikut :
  1. Menjadi Dinas Komunikasi dan Informatika yang terbaik bermakna, sebagai SKPD pengelola informasi dan komunikasi, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bolaang Mongondow harus mampu memberikan layanan publik terbaik berupa penyediaan data dan informasi untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, transparansi, dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan yang dapat diakses oleh seluruh warga negara secara terintegrasi, cepat dan berkualitas.
  2. Transparansi komunikasi dan informasi yang handal bermakna, bahwa dalam penyelenggaraan pemerintahan, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow menerapkan aspek keterbukaan dalam berkomunikasi dan memberikan informasi kepada masyarakat dan seluruh stake holder sesuai kaidah-kaidah keterbukaan informasi publik serta menjalankan kepemerintahan yang dialogis. Sehingga semua masukan, kritikan, celaan dari seluruh lapisan masyarakat dijadikan sumber ide dalam perumusan kebijakan serta belajar bersama-sama dengan masyarakat dalam mencari solusi dan penyelesaian berbagai problem yang tumbuh berkembang di masyarakat.
 
  • MISI
  1. Mewujudkan Pemerintahan Yang Bersih dan Tertatalaksana;
  2. Mewujudkan  Daya Saing Ekonomi Daerah Melalui Pertumbuhan Ekonomi Yang Berkualitas Berbasis Potensi Sumberdaya Alam dan Kearifan Lokal.
Perlu Bantuan? Silahkan Chat Dengan Kami